Rabu, 04 Januari 2012

Mata Kuliah Tari Nusantara II (Jaipong Jawa Barat)


Salah satu matakuliah Tari Nusantara II, prodi. Sendratasik dalam final tesnya mereka harus mempertunjukkan kebolehannya dimuka umum. materi yang difinalkannya yaitu Tari Jaipong Daun Pulus Adu Manis. asli dari Jawa Barat.

Tari Nusantara II merupakan matakuliah berurutan dengan Tari Nusantara I yang diterima pada semester terdahulu. Materi tari Nusantara I, mereka mendapatkan materi tari dari Jawa Tengah Surakarta yaitu tari Gagahan dan tari Gambyong. 

Selain memiliki basic dan kemampuan dasar, mereka dilatih juga bagi yang belum yaitu Teknik Tari I, II, dan Ragam Tari I, II semua merupakan dasar menuju sebuah bentuk tari nantinya dimatakuliah selanjutnya.

Seorang penari maupun pendidik tari, tidak harus ahli dalam satu bidang seni tari daerah, namun bekal dan penguasaan memang harus kuat pada daerah atau lokal. Namun apresiasi untuk tari selain daerah harus menjadi tambahan atau acuan untuk tidak ketinggalan zaman dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini.

Mempertahankan, melestarikan, dan mencintai budaya lokal juga budaya bangsa semua, itu menjadi pegangan kita sebagai pendidik seni. jangan hanya mempertahankan saja tanpa melestarikan atau mengajarkan pada generasi atau orang lain. maka akan musnah n hilang juga tari itu sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar